Posted by : Unknown Kamis, 16 Mei 2013


RPP

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            : VII/ Semester II
Materi Pokok              : Geometri

Standar Kompetensi
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar
6.3  Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
Indikator :
1.      Menghitung keliling segitiga.
2.      Menghitung Luas Segitiga

Alokasi Waktu : 1  X 45 menit

A.    Tujuan
     1.      Siswa diharapkan dapat menghitung segitiga
     2.       Siswa dapat menghitung luas segitiga

B.     Materi Pembelajaran
KELILING DAN LUAS SEGITIGA

1.      Keliling Segitiga
Keliling suatu bangun datar merupakan jumlah dari panjang sisi-sisi yang membatasinya, sehingga untuk menghitung keliling dari sebuah segitiga dapat ditentukan dengan menjumlahkan panjang dari setiap sisi segitiga tersebut.


 Keliling Segitiga ABC = AB + BC + AC
= c + a + b
= a + b + c




Jadi, keliling segitiga  ABC adalah  a + b + c.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.
Suatu segitiga dengan panjang sisi a, b, dan c, kelilingnya adalah  K  =  A + B + C



2. Luas Segitiga

Perhatikan Gambar 8.17 (i).
Dalam menentukan luas Segitiga ABC di samping, dapat dilakukandengan membuat garis bantuan sehingga terbentuk persegi panjang
ABFE seperti Gambar 8.17(ii).
Dapatkah kalian membuktikan bahwa AC dan BC membagi
persegi panjang ADCE dan BDCF menjadi dua sama besar?
Jika kalian dapat membuktikannya, kalian akan memperoleh
Bahwa segitiga ADC sama dan sebangun dengan segitigaAEC dan segitiga BDC
sama dan sebangun dengan Segitiga BCF, sedemikian sehingga diperoleh:





Luas Segitiga ADC     = 1/2 X Luas persegi panjang ADCE dan
Luas segitiga BDC     = 1/2  X Luas persegi panjang  BDCF.
Luas segitiga ABC      = luas  segitigaADC + Luas segitiga BDC
                     = 1/2 X Luas ADCE + 1/2 Luas BDCF
                     = 1/2 X AD X CD + 1/2 X BD X CD
                     = 1/2 X CD ( AD + BD)
                     = 1/2 X CD X AB
Secara umum luas segitiga dengan panjang alas a dan tinggi t adalah.
 L = 1/2 X a X t


C. Metode pembelajaran
 Ø  koperatif menggunakan internet

D.    Langkah-langkah Kegiatan.

v  Pendahuluan : 5 menit

 Apersepsi :
Ø  Guru menanmpilkan vidio menggambar segitiga http://www.youtube.com/watch?v=4G9tlU0ASec     dengan menampilkan vidio siswa dapat mempelajari ukuran segitiga.

v  Kegiatan Inti                    : (30Menit)
Dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi ini, guru melakukan
1.      Eksplorasi
-         Guru menunjukkan pendahuluan dari materi segitiga dengan membuka link http://id.wikipedia.org/wiki/Segitiga dan  http://belajar-matematika-mudah.blogspot.com/2013/03/definisi-segitiga.html link ini berisi pengertian segitiga.
-          Guru melanjutkan materi segitiga dengan melanjutkan jenis-jenis dan sifat-sifat segitiga http://segitigasmp.wordpress.com/jenis-jenis-segitiga/ dan  http://segitigasmp.wordpress.com/sifat-sifat-segitiga/  .
-         setelah itu siswa dilanjutkan untuk membuka link berikutnya, yaitu mengaplikasi sifat-sifat segitiga dapat dibuka dengan link http://anissalasatun.blogspot.com/2013/03/mengaplikasikan-sifat-sifat-segitiga.html  
-         Setelah dirasa cukup membantu peserta didik dalam menemukan konsep dari segitiga Guru melanjutkan materi untuk materi segitiga yaitu menemukan rumusluas dan keliling dengan membuka link http://damarlanhadi.wordpress.com/2012/12/14/menemukan-rumus-luas-dan-keliling-segitiga/ dan mencari rumus luas segitiga http://www.youtube.com/watch?v=nI-B_M1cHyY

2.      Elaborasi
-        siswa diharapkan dapat mengerti dengan materi segitiga dan dapat menyelesaikan permasalahan tentang segitiga guru menampilkan vidio menghitung luas segitiga http://www.youtube.com/watch?v=fo7fb3ysCro .

3.      Konfirmasi
Konfirmasi dilakukan untuk mengetahui apakah peserta didik sudah mengerti materi yang dibahas pada pembelajaran hari ini. Pada kegiatan konfirmasi, guru melakukan :
-      peserta didik diharapkan dapat mengulang materi segitiga yang telah dipelajari dan siswa diharapkan membuka vidio pembelajaran segitiga http://www.youtube.com/watch?v=nI-B_M1cHyY agar siswa lebih menguasai materi segitiga.

Penutup    : (10 Menit)
-          Guru memberikan kesempatan ke siswa untuk Menyimpulan tentang materi yang telah didapat.
-          Guru dapat memberikan latihan segitiga, siswa dapat membuka link kumpulan soal-soal segitigahttp://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=soal-online-matematika-smp-tentang-segitiga .
-          Guru memberitahu kepada peserta didik tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan
       selanjutnya.


E.     Penilaian
Jenis                                  : Tes Tertulis
Bentuk                              : Isian Singkat dan Uraian            
Contoh Instrumen :1.    Hitunglah keliling segitiga ABC ..?

       2.  Hitunglah luas daerah dari segitiga berikut !





D.     Alat dan Sumber Belajar
          Alat                                   : Laptop
    Sumber Belajar                         : Internet


E.     Kunci Jawaban
1.      Keliling segitiga ABC
           K segitiga ABC =  A + B + C
           K segitiga ABC = AB + BC + AC
           K segitiga ABC = 6 +10 + 8
           keliling segitiga adalah 24 satuan keliling

     2. Luas segitiga DEF dapat dicari dengan persamaan 

         L.ΔDEF =  ½ x alas x tinggi L.       

          ΔDEF =  ½ x 12 cm x 6 cm          

         L.ΔDEF = 36 Cm2



Mengetahui,
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran



…………………………                                 …………………………
NIP…………………….                                 NIP……………………..
  



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Kunjungan Blogger

Flag Counter

JAM

KALENDER

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © TelMat_tematika -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -